7 ide bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil



Bisnis rumahan dengan jualan online
online-shop-bisnis-rumahan-via-facebook-com


Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti berhenti mewujudkan mimpi.  Ibu rumah tangga juga bisa punya penghasilan loh, ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa bunda lakukan dengan modal kecil.

Berbisnis dari rumah bisa menjadi pilihan bunda untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi. Berkembangnya zaman tidak menutup kemungkinan untuk bunda melanjutkan mimpi walaupun dari rumah.

Modal yang diperlukan pun tidak terlalu banyak, bahkan beberapa usaha hanya membutuhkan modal sebesar satu juta rupiah atau bahkan lebih kecil dari itu.

Lalu, ide bisnis rumahan seperti apa yang bunda bisa lakukan?. Mari simak beberapa ide berikut

7 Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil 

1. Menjual camilan kemasan 

bisnis rumahan makanan ringan
bisnis-rumahan-via-facebook-com

Bisnis makanan ringan memang tidak pernah ada matinya. Semua orang suka camilan, dari anak kecil sampai orang dewasa tiada hari tanpa camilan.

Berjualan camilan sangat cocok untuk bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil. Jika bunda memiliki keahlian membuat camilan, aneka makanan ringan kemasan, jangan sia-siakan. Jadikan itu sebagai bisnis yang menguntungkan.

Bunda bisa menitipkannya di warung-warung sekitar rumah, sekolah, ataupun menjual nya secara online. Gunakan sosial media untuk tempat promosi produk yang bunda ciptakan.

2. Jasa katering

Bisnis katering ibu rumah tangga
Bisnis-katering-ibu-rumah-tangga


Bagi bunda yang hobi memasak, ini bisa jadi ide bisnis rumahan dibidang kuliner. Tidak perlu sampai tahap membuka restoran karena modalnya pasti tidak sedikit.

Jika bunda berniat bisnis rumahan di bidang kuliner, jasa katering bisa menjadi pilihan tepat untuk diambil. Seperti paket nasi boks, kue ulang tahun, kue kering maupun kue basah untuk hajatan dan arisan.

Manfaatkan jaringan yang bunda miliki seperti grup PKK komplek, grup arisan untuk memasarkan jasa katering, tentu saja sosial media juga tak kalah penting untuk tempat promosi.

3. Menjual kerajian tangan dan souvenir

bisnis rumahan kerajinan tangan
bisnis-rumahan-kerajinan-tangan-via-facebook-com


Untuk bunda yang memiliki keterampilan mengolah barang-barang menjadi sebuah kerajinan tangan, bunda punya peluang besar untuk menjadikanya bisnis yang menguntungkan. Pasar permintaan kerajinan tangan biasa nya berupa souvenir pernikahan, wisuda ataupun hantaran seserahan pernikahan. 

Modal utama bisnis ini yaitu kreativitas, semakin berkembangnya jaman semakin banyak pula ide-ide yang bisa bunda aplikasikan diproduk kerajinan tangan bunda. 

4. Jualan barang online 

online shop bisnis rumahan dengan modal kecil
online-shop-bisnis-rumahan-via-facebook-com

Bisnis online shop bisa bunda jalankan dengan instan, tanpa membuat produk sendiri. Menjadi reseller contohnya. Melalui sosial media, bunda bisa mempromosikan barang-barang yang dipasarkan dan akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang berhasil bunda jual. 

Namun, jangan sampai barang yang bunda kirim mengecewakan pembeli. Karena itu sepenuhnya tanggung jawab bunda sebagai penjual. 

5. Membuka tempat les

bisnis rumahan tempat les anak
tempat-les-anak-via-educenter


Bunda memiliki kemampuan akademik yang baik di mata pelajaran tertentu dan senang mengajar, cocok sekali jika bunda membuka sebuah tempat les bagi anak-anak di sekitar rumah. 

Pekerjaan yang satu ini memang membutuhkan kemampuan yang sangat baik, karena itu pastikan bunda mempunyai kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis les privat.

Jika ternyata bisnis les yang bunda kelola mendapat banyak peminat, maka bunda bisa membuka bisnis tempat les yang lebih besar dengan merekrut tenaga pengjar yang profesional dan kompeten.

6. Menerima order jahitan 

bisnis rumahan sebagai penjahit
bisnis-rumahan-penjahit-lokal-via-sinjai-info

Menjahit, suatu keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya. Jika bunda memiliki keterampilan ini berarti bunda beruntung.

Bunda bisa menerima order jahitan dari teman, tetangga ataupun kerabat dan bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut. 

Bisnis menjahit sebenarnya sebuah ide bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menguntungkan. Jika bisnis ini benar-benar dijalankan dengan serius pasti akan menghasilkan, karena ongkos menjahit sepotong baju tidaklah murah. 

Bahkan untuk baju-baju khusus seperti kebaya dan pakaian adat lainnya ongkos menjahitnya terbilang cukup mahal. Ide yang satu ini menarik bukan?. 

7. Menjadi penulis lepas 

bisnis rumahan penulis lepas
penulis-freelance-via-womantalk

Di zaman yang serba digital, penulis mempunyai peran yang penting. Setiap website, aplikasi dan konten media sosial, semuanya membutuhkan konten tulisan. 

Menulis bukanlah kemampuan yang dimiliki setiap orang. Jika bunda memiliki kemampuan ini, pastikan untuk memanfaatkannya dengan baik. Bunda bisa memulai bisnis ini dengan bekerja sebagai freelance dan menjadi penulis diberbagai media. 

Bisnis rumahan ibu rumah tangga yang satu ini, hanya membutuhkan latop dan jaringan internet sebagai alat bekerja. 

Itu tadi 7 ide bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa menjadi inspirasi untuk bunda. Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis sendiri dirumah?. Jika iya, pastikan bunda bisa membagi waktu dengan baik.

Pilih bisnis rumahan yang benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan bunda. Kesuksesan dari bisnis yang bunda rintis tidak berasal dari idenya saja ya, tapi pengelolaan keuangan yang benar dan keseriusan dalam menjalankan bisnis. Selamat berbisnis bunda.




Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "7 ide bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil"