10 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger


Raditya dika blogger terkaya di Indonesia
blogger-terkaya-di-indonesia-yang-inspiratif-via-wordpress-com

Menjadi seorang blogger kini menjadi profesi yang diminati banyak orang. Blogger sendiri, tidak melulu berfikir untuk mendapatkan uang dari internet dan bebas dari pekerjaan menjadi seorang karyawan diperusahaan.

Apakah menjadi blogger menguntungkan?

Jawabannya pasti sangat menguntungkan. Beberapa keuntungan berikut ini pasti akan anda dapatkan jika menjadi seorang blogger. Simak beberapa ulasan berikut.

7 keuntungan yang akan anda dapatkan menjadi seorang blogger.

1. Mengasah kemampuan dalam menulis

Bagi sebagian orang menulis adalah sesuatu yang sangat sulit. Mereka akan mengatakan bahwa dirinya tidak bisa menulis. Menjadi pembaca dan penonton lebih mereka pilih ketimbang menulis.

Menjadi blogger ini lah kita harus belajar mengalahkan kesulitan itu. Walaupun tulisan kita jelek dan kurang berkualitas.

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin sering kita menulis, maka tulisan kita akan bertambah baik karena terus dilatih.

Mungkin saat ini tulisan anda masih tidak sebagus wartawan ataupun penulis buku, tapi percayalah jika anda terus-menurus menulis, tulisan anda bahkan bisa lebih baik dari mereka.

2. Menjadi pembaca yang baik

Pembaca yang baik
Penulis-baik-dari-pembaca-yang-baik-via-youtube-com

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat membaca yang sangat rendah. Generasi muda dan remaja lebih suka menonton acara tv dibanding dengan membaca dan menelaah sebuah makna dari karya tulis.

Dengan menjadi seorang blogger, bisa dipastikan anda menjadi pembaca yang baik, karena tidak akan mungkin anda menghasilkan sebuah tulisan berkualitas jika tidak sering membaca.

Menjadi penulis yang baik berasal dari pembaca yang baik pula.

3. Selalu up-to-date

Selain wartawan, seorang blogger juga selalu up-to-date dengan pekembangan berita. Karena seorang blogger akan mencari informasi terbaru untuk dijadikan bahan postingan di blognya. Dia selalu ingin tahu tentang kabar dunia saat itu, dan itu menjadikan blogger seorang yang selalu up-to-date.

4. Tidak gagap tekhnologi

Hidup di era digital dan informasi, wajib bagi seorang blogger untuk mengetahui perkembangan tekhnologi terbaru. Apalagi kalau konten blog nya membahas tentang gadget san tekhnologi.

Menjadi blogger membuat anda tidak gagap tekhnologi. Karena anda telah terbiasa dengan fasilitas internet seperti facebook, twitter, youtube dan lain-lain.

Pernah mendengar Neil Patel ?, pendiri perusahaan startup terkenal, dia memulai bisnis nya dari blog.

5. Mengetahui ilmu marketing

Mengetahui ilmu marketing
Belajar-ilmu-marketing-via-kompasiana-com

Pernahkah anda sadari, menjadi seorang blogger berarti anda telah mengetahui ilmu dasar marketing?. Ketika anda ingin membuat postingan, tentang judul postingan yang menarik, SEO, meningkatkan traffik blog, memanfaatkan social media hingga blogwalking atau memberi komentar bagus di blog orang lain.

Itu semua menunjukan bahwa anda sedikit banyak mengetahui tentang marketing. Anda harus bangga karena banyak orang tidak familiar dengan ilmu marketing.

6. Memiliki koneksi yang luas

Di dunia nyata, berapa banyak teman anda yang mempunyai hobi sama?. Dengan menjadi blogger anda bisa meningkatkan pertemanan yang sehobi dengan anda.

Lebih asyik bukan mengobrol dengan teman yang hobi dan pemikiran sama?. Di dunia blogger, para blogger tidak membedakan antara blogger senior, pemula dan profesional. Semuanya setara dan menganggap dirinya biasa saja.

Menarik bukan memilik komunitas seperti ini?

7. Berjiwa peneliti

Menjadi blogger yang baik, anda dituntut harus menguasai berbagai bidang, tidak hanya kemampuan menulis. Salah satu yang harus dikuasai yaitu penelitian.

Sebelum anda posting blog, anda harus melakukan riset kata kunci. Berupa kata kunci yang akan di cari orang. 

Atau anda menggunakan tools seperti google keyword planner untuk meriset kata kunci. Menganalisa dan meneliti berbagai kesalahan yang terjadi di blog anda.

Dengan berbagai riset dan penelitian tersebut Bukankah anda sudah seperti profesor dan ilmuwan tanpa gelar 😀.

8. Dikenal banyak orang

Raditya dika blogger indonesia
Raditya-dika-via-youtube-com
 
Tahukah anda tentang Raditya Dika?. Blogger terkenal dengan multitalenta. Berkat tulisannya dia dikenal banyak orang, bisa dikatakan Raditya dika adalah seorang blogger selebriti di Indonesia.

Menjadi blogger membuka peluang anda dikenal masyarakat luas, dengan tulisan yang berkualitas anda bisa tampil di media seperti majalah, koran bahkan televisi .

Kalaupun anda tidak bisa terkenal seperti Raditya dika, orang akan mengenal anda dari karya tulis yang anda buat.

9. Melatih kedisiplinan

Menjadi seorang blogger harus selalu rajin mengupdate postingan, agar blog tetap hidup dan tidak kehilangan pengunjung. 

Cara terbaik agar blog anda tetap ramai pengunjung yaitu dengan update postingan minimal satu artikel per harinya. Kedisiplinan adalah kunci terpenting untuk mencapai kesuksesan. 

10 . Bisa menghasilkan uang dari blog

Google adsense
Google-adsense-via-ppc-land

Menghasilakan uang dari blog, apakah bisa? . Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog, seperti memasang iklan CPC atau google adsense, berjualan produk atau jasa di blog anda kelola. 

Mendapatkan uang dari blog bukanlah hal yang mudah dan cepat, butuh usaha, perjuangan dan kerja keras. 

Banyak kisah-kisah blogger sukses yang sangat menginspirasi, dari mereka kita bisa belajar bagaimana cara agar sukses menjadi blogger.

Dari berbagai keuntungan yang telah di sampaikan, masihkah anda ragu untuk menjadi seorang blogger?. Jika tidak, mulailah menulis.




 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

1 komentar untuk "10 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger"

Posting Komentar