14 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Melukai Perasaanya


Disiplin positif yang pasti berhasil


Jika Anda ingin mendisiplinkan anak Anda tanpa berteriak, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Berteriak dan menghukum tidak pernah membantu siapa pun. Itu hanya membuat anak yang sengsara menjadi lebih sengsara.

Ketika seorang anak berperilaku buruk, itu disebabkan karena keinginannya yang tidak terpenuhi.

Anak mungkin tidak akan mengungkapkannya dengan terang-terangan, tetapi ketika Anda menghukum anak atas perilakunya yang kurang baik, pendisiplinan menjadi tidak efektif. Ini juga akan memengaruhi hubungan antara Anda dan anak Anda.

Di situlah gaya pengasuhan positif menguntungkan untuk anak-anak. Dalam pengasuhan yang positif, kebutuhan anak dipenuhi dengan empati.

Ketika Anda mencoba untuk mendisiplinkan secara positif, penekanan diberikan pada akar penyebab perilaku. Dan solusinya, fokus pada pemenuhan kebutuhan anak, daripada menghukum atas perilaku tersebut.

Dengan kata lain, metode disiplin tradisional seperti mengobati penyakit kronis. Obat konvensional biasanya hanya mengobati gejalanya tanpa mengobati penyakit itu sendiri. 

Dan penyakit ini terus bermanifestasi di berbagai area tubuh dalam bentuk yang berbeda, hingga Anda menemukan dan mengobati akar masalahnya.

Ketahuilah, "kebutuhan" yang mendorong perilaku sulit pada anak-anak akan terus tumbuh dan berkembang. Dan mereka akan menunjukannya dengan cara yang lebih keras kepala lagi.

APA ITU DISIPLIN POSITIF? DAN MENGAPA ITU PENTING?


Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang berhasil
ibu-berbicara-kepada-balita

Disiplin positif adalah program yang dikembangkan oleh Dr. Jane Nelson berdasarkan karya Alfred Adler dan Rudolf Dreikurs.

Disiplin positif berfokus pada perubahan "kepercayaan di balik perilaku" daripada hanya berfokus pada perilaku. Keyakinan inti di balik disiplin positif adalah "tidak ada anak yang buruk, tetapi hanya perilaku buruk".

Sangat rasional, bukan?

Metode pendisiplinan biasa menggunakan ancaman, mempermalukan, menyuap, dan menghukum untuk memperbaiki perilaku salah.

Tetapi seiring berlalunya hari, anak-anak menjadi lebih marah dan lebih frustrasi dan sepertinya tidak mengambil pelajaran dari apa yang anda coba sampaikan.

Mengapa?

Karena metode pendisiplinan tradisional berfokus pada perilaku buruk anak dan menyebut anak itu sebagai anak yang tidak baik. 

Ketika seorang anak mendapat kesan bahwa ia adalah anak yang buruk berulang-ulang, ia tumbuh dengan keyakinan itu dan tidak akan mengubah perilakunya. 

Karena manusia bertindak secara sadar atau tidak sadar hanya berdasarkan keyakinan mereka.

Anak-anak selalu memiliki keinginan untuk dipenuhi  Jika mereka tidak mendapatkannya, mereka mencoba mendapatkannya dengan bertingkah buruk.

Disiplin positif didasarkan pada menemukan solusi untuk masalah anak-anak dengan saling menghormati, kebaikan, dan dorongan.

Menurut Dr. Nelson, ada lima kriteria untuk disiplin positif.

  • Disiplin positif tegas dan ramah pada saat yang sama.
  • Membantu anak-anak merasakan perasaan memiliki dan memiliki makna.
  • Manfaatnya untuk jangka panjang, tidak seperti hukuman yang hanya berfungsi untuk saat itu.
  • Mengajarkan keterampilan hidup dan keterampilan sosial yang akan membantu mereka untuk menghormati orang lain dan menyelesaikan konflik secara damai.
  • Memungkinkan anak-anak menemukan kemampuan mereka dan menggunakan kekuatan pribadi mereka dengan cara yang konstruktif.

MANFAAT DISIPLIN POSITIF DIBANDINGKAN DENGAN DISIPLIN NEGATIF

Disiplin positif berfokus pada solusi, sedangkan disiplin negatif memperlakukan anak sebagai seseorang yang jahat.

Disiplin positif memberdayakan anak-anak dengan mengajarkan keterampilan dan kebaikan komunikasi yang efektif, sedangkan disiplin negatif menyebabkan terputus dan kurangnya komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak.

Disiplin positif berfokus pada pemenuhan kebutuhan anak dan karenanya mengurangi kemungkinan perilaku buruk di masa depan.

Disiplin negatif tidak mempertimbangkan apa yang dikatakan anak. Emosinya diabaikan, oleh karena itu, anak menemukan lebih banyak cara negatif untuk menarik perhatian dan mendapatkan apa yang dia inginkan.

Disiplin positif menerima kesalahan, tidak hanya kesalahan anak tetapi orang tua juga.

Tetapi anak itu masih diperlakukan dengan baik tanpa membunuh karakternya. Dia ditunjukkan cara memperbaiki kesalahan di waktu berikutnya. 


Dalam disiplin negatif, seorang anak dipermalukan karena kesalahannya, dia tidak ditunjukkan kebaikan atau diberikan arahan dan dukungan untuk memperbaiki perilakunya.

Dalam disiplin positif, seorang anak belajar cara yang tepat untuk melepaskan emosi dari orang tua, karena orang tua merespons dengan kebaikan, empati dan kurangnya perilaku agresif seperti berteriak, memukul, dll. 

Tetapi dalam disiplin negatif, anak belajar perilaku agresif (karena itulah yang dia lihat). Dan anak tumbuh dengan kurangnya bimbingan yang tepat tentang bagaimana melepaskan emosinya. Dan itu dapat menyebabkan rendahnya harga diri dan masalah kesehatan mental.

Sekarang kita tahu perbedaan antara disiplin positif dan negatif, mari kita lihat apa saja teknik disiplin positif yang dapat kita gunakan untuk mendisiplinkan anak-anak.

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang pasti berhasil
karakter-anak-dari-tehnik-disiplin

TEKNIK DISIPLIN POSITIF UNTUK MENCIPTAKAN ANAK YANG DISIPLIN TANPA HUKUMAN

Menjadi orangtua yang positif tidak berarti bersikap permisif dan membiarkan anak melakukan apa pun yang mereka inginkan. 

Orangtua yang positif terlibat aktif dalam mendisiplinkan dan mengajar anak-anak tentang konsekuensi dari tindakan mereka.


Bagaimana cara menggunakan disiplin positif? Berikut ini beberapa strategi.

1. TENTUKAN BATAS

Menetapkan batasan sangat penting bagi anak-anak untuk belajar tentang konsekuensi dari perilaku mereka. Orang tua yang otoriter menetapkan batasan dan jika anak-anak tidak patuh, mereka menghukum atau memarahi mereka. 

Dalam pengasuhan yang permisif, orang tua takut untuk mengambil tindakan ketika anak-anak melampaui batas, karena mereka takut akan kehilangan cinta anak-anak mereka.

Dalam pola asuh positif, Anda menetapkan batasan, dan pasti mengambil tindakan jika anak-anak melebihi batas. 

Satu-satunya perbedaan yang ada adalah, pola positif dilakukan dengan empati. Anak-anak tidak sengaja ingin berperilaku buruk, tetapi mereka masih mengerti bahwa perilaku mereka menciptakan konsekuensi, dan mengulangi perilaku itu akan membuat mereka bertemu lagi dengan konsekuensi yang sama.

Saat mereka mendapat konsekuensi, kita tidak memarahinya, tapi kita menawarkan empati dan kebaikan.

Pertimbangkan skenario ini.

Balita Anda menulis di dinding dengan krayon. Anda memberi tahu dia, "Dinding bukan untuk menggambar, adek (panggilan untuk anak anda) bisa gambar di kertas sebagai gantinya". 

Tetapi jika dia melakukannya lagi, Anda dapat mengingatkannya dan mengatakan bahwa jika dia mengulanginya, Anda terpaksa harus mengambil krayon tersebut. 

Dan jika dia tetap melakukannya, Anda harus tegas dan benar-benar mangambil krayon itu. Tentu dia akan protes dan menangis. Tetapi Anda tidak boleh menyerah. Anda malah harus memberinya empati.

Anda bisa berkata, “Mama tahu sulit bagi adek untuk tidak menggambar di dinding. Tapi mama tidak bisa membiarkan adek melakukannya. Kita bisa mencoba lagi ketika kamu siap menggambar di atas kertas ”.

Tidak ada ancaman, hukuman dan omelan. Meskipun krayon diambil, dia sadar anda ada di sisinya dan perhatian kepadanya.

2. BICARA KURANG, LAKUKAN LEBIH BANYAK

Banyak dari sekian orang tua yang sering melakukannya dan tidak menyadarinya.

Kita banyak bicara, menasehati dan melakukan sangat sedikit. Kita memberi tahu anak-anak hal-hal berikut.

"ini kesempatan terakhir adek, mama tidak akan membiarkan itu terjadi lagi"

 "Adek hanya punya sepuluh menit, setelah itu, mama akan ambil remotnya"

" Mama tidak akan memberi adek permen lagi", dll.

Tetapi apakah kita benar-benar menindaklanjuti kata-kata kita?

Tidak!

Tidak heran anak-anak tidak menganggap kita serius.

Dalam pendisiplinan yang positif, kita pada anak-anak.

Ketika kita konsekuen dengan kata-kata kita, kita dapat menunjukkan empati dan menunjukkan kepada mereka bahwa kita berada dalam tim mereka.

Atau yang lain, anak-anak tidak belajar konsekuensi dari tindakan mereka, dan terus mengulangi kesalahan, karena kita sangat takut.

3. PILIHAN PENAWARAN

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang pasti berhasil
tehnik-disiplin-dengan-memberikan-penawaran

Menawarkan pilihan adalah teknik disiplin positif lain yang berfungsi baik untuk menghindari pertengkaran, terutama dengan anak kecil.

Contoh:

"Apa adek ingin bersiap untuk tidur sekarang, atau setelah 10 menit?"

"Adek tidak mau makan sayur yang direkomendasikan dokter. Apa adek ingin mama menyuapkanya untukmu, atau adek  akan memakannya sendiri? "

Pastikan Anda menawarkan pilihan yang dapat Anda terima. Jika Anda tidak bisa hidup dengan pilihan, jangan menawarkannya.

Menawarkan pilihan membuat anak merasa seperti mereka memegang kendali dan mereka diberi kesempatan untuk mengambil keputusan. Ini mengurangi perlawanan dan pertengkaran.

4. BUAT LINGKUNGAN YA

Orang tidak suka dikontrol. Dan menurut kebanyakan orang, anak-anak juga. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana anak-anak cenderung melakukan lebih banyak dari apa yang diperintahkan kepada mereka “untuk tidak dilakukan?”

Ketika orang tua mengatakan tidak, anak-anak akan memperlihatkan lebih banyak perlawanan dan berusaha mengerahkan kekuatan. 

Dan mari kita hadapi itu, selalu mendengarkan tidak ada ruginya bagi kita juga. Aturan memang baik untuk membantu kita dalam berperilaku baik , tetapi terlalu banyak aturan membuat anak Anda lebih memberontak.

Bagaimana biasanya kita memberikan instruksi kepada anak-anak?

"Jangan melompat di sofa"

"Jangan bermain di luar"

“Tidak ada TV setelah jam 9 malam”

"Jangan memukul"

Tetapi jika Anda menciptakan lingkungan yang lebih YA di rumah, Anda dapat mengharapkan lebih banyak perilaku anak-anak yang kooperatif. 


Sederhana dan mudah.

Ubah kembali pernyataan TIDAK menjadi YA, seperti ini.

"Sofa itu untuk duduk, jika kamu suka melompat kamu bisa melakukannya di lantai."

“Terlalu panas untuk bermain di luar sekarang. Masuklah, kita bisa bermain dalam ruangan. ”

“Nonton TV sampai larut malam akan buat adek menjadi anak yang pemarah di pagi hari. Kita tidak menyukainya, bukan? Mama akan mematikan TV setelah jam 9 malam. ”

“Memukul itu menyakitkan! Kita menunjukkan kemarahan dengan kata-kata, bukan dengan tangan! ”

Alih-alih mengatakan TIDAK secara langsung, jelaskan alasan Anda mengapa mengatakan TIDAK.

Dan jika anak-anak meminta Anda untuk bermain dengan mereka, alih-alih mengatakan TIDAK, Anda dapat mengatakan, "Mama sedang memasak makanan kesukaanmu, nanti mama akan gabung  segera setelah mama selesai."

5. TEGAS DAN BAIK HATI

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang pasti berhasil
ibu-frustasi-dengan-anaknya

Jane Nelson mengatakan disiplin positif harus tegas dan baik pada saat yang sama.

Ketika Anda mengatakan anak Anda tidak boleh melakukan sesuatu, Anda harus serius. Tetapi jika mereka merespons dengan marah atau menangis, berikan rempati kepada mereka. Itulah yang dimaksud dengan tegas dan baik hati.

Ketika Anda bersikap baik dan tegas, pesan yang Anda berikan, akan sampai kepada anak Anda. Berteriak tidak pernah bisa menyampaikan pesan.

Teriakan membuat anak anda merasa tidak dipahami, dan jika dia mendengarkan Anda, dia berada diposisi ketakutan.

Bisakah Anda memberi pelajaran positif kepada orang lain, ketika Anda marah dan ketika Anda bisa merasakan adrenalin mengalir dalam tubuh Anda? Tidak, dan itulah yang terjadi ketika Anda berteriak. Karena itu, berteriak tidak efektif.

6. CARI TAHU PENYEBAB

Salah satu manfaat dari diskusi keluarga adalah Anda membuat anak-anak berbicara tentang apa yang ada dalam pikiran mereka.

Ketika Anda benar-benar mendengar pikiran mereka, Anda akan memahami alasan di balik perilaku sulit mereka.

Misalnya, anak perempuan sulung saya memberi tahu saya, dia tidak ingin meminjamkan barang-barang miliknya kepada saudara perempuannya.  Karena saudaranya itu tidak mengembalikannya dengan baik, dan bahkan terkadang dia tidak mengembalikannya.

Dia tidak akan pernah mengatakan itu jika saya tidak bertanya. Dan saya akan menghakimi dia karena perilaku ini.

Bahkan saya bisa mengatakan dia sebagai orang yang "egois". Maksud saya, saya tidak memaksa anak-anak untuk berbagi, tetapi saya ingin anak-anak saya saling membantu ketika seseorang membutuhkan sesuatu. 

Jadi ketika rasa takut itu menahannya, saya yakin kita bisa mengatasinya dengan membantunya menjadi lebih baik dalam memberi dan berbagi.

Kesimpulannya ialah, daripada menilai atau memberi label pada seorang anak, kita dapat berbicara dengannya tentang alasan mengapa dia menunjukkan perilaku tersebut.

Anda dapat berdiskusi dengan anak Anda untuk menemukan solusi yang dapat diterima semua orang. Oleh karenanya, mereka akan menyadari kekurangan mereka sehingga dapat diperbaiki dan ditingkatkan.

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang pasti berhasil
ibu-mendisiplinkan-balita


7. DENGARKAN HATI DAN BERI LABEL PADA EMOSI MEREKA

Manusia memiliki kebutuhan bawaan untuk didengar. Bayangkan ketika Anda memiliki perasaan sulit di dalam diri Anda, dan tidak ada orang di sekitar Anda yang mau mendengarkan Anda.

Kemudian, Anda dihakimi karena sedih atau marah. Bagaimana rasanya?

Itulah yang kita lakukan pada anak-anak.

Kita menilai mereka sebagai egois, nakal, pencari perhatian, dll, tanpa mendengarkan apa yang mereka katakan.

Mari kita duduk sejenak dan dengarkan. Dan membantu mereka melewati perasaan mereka dengan mengatakan bahwa "Tidak apa-apa jika kamu marah atau sedih".

Ketika mereka merasa didengar, mereka merasa diperhatikan dan merasa memiliki.

Dan koneksi adalah bagian terpenting dari pengasuhan positif.

Memberi label emosi membantu mereka untuk selaras dengan perasaan mereka. Ini membantu mereka untuk memahami perasaan mereka dan mengelolanya dengan tepat.

Studi menunjukkan, bahwa anak-anak yang mampu memberi label dan mengekspresikan emosi mereka secara verbal, cenderung tidak cemas ketika mereka mencapai usia dewasa. Selain itu, mereka dapat memahami emosi orang lain dan menanggapinya dengan empatik.

8. GANTI BULLY MENJADI MENGAJAR

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang pasti berhasil
Berhenti-membully-saat-mendisiplinkan-anak

Disiplin positif tidak mempermalukan, mengancam, menyuap, atau hukuman fisik lainnya. Sebaliknya, kita menggunakan setiap kesempatan untuk memperbaiki perilaku anak-anak dengan mengajar.

Dalam pengasuhan positif, anak dan orang tua berada pada sisi yang sama. Ketika kita melihat kelakuan buruk anak dengan amarah, kita merasa ingin menghukum mereka.

Sebaliknya, buatlah setiap kesalahan sebagai kesempatan untuk mengajar dan membimbing. Alih-alih selalu mengatakan apa yang tidak boleh dilakukan, jelaskan apa yang harus dilakukan.

9. TETAP KONSISTEN

Konsisten dengan harapan bisa membantu anak-anak untuk mematuhi aturan dengan lebih baik.

Sebelum mengatakan TIDAK pada sesuatu, pikirkan apakah Anda benar-benar bermaksud TIDAK. Jika Anda berubah pikiran ketika anak-anak protes, mereka belajar bahwa keputusan Anda dapat dimanipulasi.

Jika Anda tidak nyaman dengan pelanggaran aturan tertentu, tetap teguh ketika mereka menguji batas Anda. Jika Anda mengubah keputusan Anda tergantung pada suasana hati Anda, itu akan mengirimkan pesan yang membingungkan kepada anak-anak.

10. MEMINIMALISIR KONTROL

Mendisiplinkan menjadi sulit ketika Anda ingin mengendalikan anak. Jika atmosfer diatur untuk gagal, akan sulit untuk anda tetap konsisten.

Misalnya, jika Anda mengisi dapur Anda dengan junk food, sulit untuk membentuk kebiasaan makan yang sehat pada anak-anak. Demikian pula, jika Anda tidak mematikan TV, tetapi meminta anak-anak pergi tidur, sulit bagi mereka untuk melakukannya.

Jadi jadikan lingkungan dan rutinitas mereka lebih bersahabat untuk semua orang.  Sehingga Anda dapat mengelakan pertengkaran. Memiliki aturan yang jelas tentang waktu makan, waktu tidur, waktu pagi, dll. Sehingga mereka tahu apa yang diharapkan.

12. KOREKSI TANPA MENGHAKIMI

Anak-anak memiliki rasa malu dan perasaan tidak enak ketika kita menamainya “gadis nakal” atau “laki-laki jahat”. Di sini, alih-alih memberi tahu mereka bahwa tindakan mereka salah, kita memberi tahu mereka bahwa mereka sendiri adalah manusia yang jahat.

Kata-kata ini memiliki efek luar biasa yang dapat bertahan seumur hidup.

Tidak ada manusia yang bisa tetap baik atau buruk selamanya. 

Kita semua melakukan hal-hal baik dan buruk secara sadar atau tidak sadar. Ketika mereka menjadi dewasa, perasaan tidak layak menghantui mereka dan menghalangi mereka untuk mengekspresikan potensi baik mereka.

Karena itu ketika mereka melakukan kesalahan, kita dapat menunjukkan kesalahan mereka, tetapi pada saat yang sama juga kita dapat menyarankan perilaku yang lebih baik di waktu berikutnya. 

Dan juga, hanya berbicara tentang tindakan yang mereka lakukan, bukan tentang mereka.

Apa itu disiplin positif? Tehnik disiplin positif yang berhasil
efek-anak-tidak-disiplin

Kita bisa bilang,

Menyakiti orang itu tidak baik. Mama berharap adek lebih baik sama saudaramu. ”

Pernyataan tunggal ini memberi tahu dia bahwa apa yang dia lakukan salah. Tetapi dia dapat mencoba untuk memperbaikinya. 

13. MELAKUKAN KONSEKUENSI

Ketika sampai pada konsekuensi, ada konsekuensi alami dan konsekuensi logis.

Konsekuensi alami, seperti namanya, terjadi secara alami.

Contoh konsekuensi alami:

Aldi lupa mengerjakan pekerjaan rumahnya setiap hari. Anda memberi tahu Aldi bahwa dia harus mengerjakan pekerjaan rumah di malam hari pada waktu yang telah disepakati bersama. Tapi dia terus lupa.

Daripada mengomel, Anda memutuskan untuk tidak mengingatkannya suatu hari. Dia harus menghadapi konsekuensi di sekolah pada hari berikutnya.

Ini membantunya mempelajari pelajarannya dan menjadi lebih proaktif. Dalam hal ini, orang tua harus melepaskan kekhawatirannya sehingga anak belajar menghubungkan tindakannya dengan konsekuensinya. 

Jika Anda memilih untuk mengomel dan memberi perintah, anak itu belajar bertindak hanya ketika dia diomel atau diingatkan.

Konsekuensi logis diberikan oleh orang tua ketika anak melanggar aturan atau berperilaku buruk.

Contoh konsekuensi logis:

Indah telah diberitahu bahwa dia tidak dapat menggunakan handphone setelah jam 9 malam. Indah dan ibunya telah membuat perjanjian bahwa jika dia melanggar aturan, ibunya dapat menyita handphonenya.

Konsekuensinya adalah sesuatu yang disepakati kedua belah pihak, dan oleh karena itu tidak dianggap sebagai hukuman. Anak itu belajar untuk membayar perilaku buruknya dan menjadi lebih bertanggung jawab.

Dalam kedua skenario, konsekuensinya terkait dengan kelakuan buruk. Dengan membiarkan mereka mendapat konsekuensi, Anda membiarkan pengalaman menjadi guru dan bukan emosi.

Dan anak menjadi belajar dari pengalaman, yang merupakan guru terbaik.

13. BICARA SETINGKAT DENGAN ANAK ANDA

Ketika Anda mendisiplinkan anak-anak, Anda ingin mendapatkan perhatian mereka terlebih dahulu. Dan sulit untuk mendapatkannya jika Anda berdiri tegak dan berteriak.

Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian anak adalah dengan turun di levelnya dan menatap matanya. 

Karena Anda berdiri dekat dengan mereka, Anda tidak perlu berteriak. Anak itu merasa lebih aman dan lebih terhubung dengan Anda. Dan karenanya Anda akan mendapatkan respons yang lebih baik.

Berteriak membuat suara Anda terdengar, tetapi pesan Anda dibungkam.

14. PERCAYA AKAN KEBAIKAN DALAM DIRI ANAK

Jika Anda memiliki dua atau tiga atau bahkan sepuluh anak, perlakukan mereka masing-masing sebagai individu yang unik. 

Berinteraksi dengan masing-masing dari mereka satu per satu setiap hari, bahkan selama lima menit.

Karena Anda perlu tahu siapa anak Anda, untuk mengetahui masalahnya. Hanya ketika Anda berkomunikasi dengannya secara efektif, Anda akan mendapatkan apa yang mendorong pemikirannya.

Teknik disiplin yang bekerja dengan satu anak, mungkin tidak bekerja dengan yang lain. Anak yang satu mungkin terlalu sensitif, dan yang lain lebih pendiam dan mengalah.

Untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka inginkan, masuk ke dunia mereka dengan rasa ingin tahu yang tiada habisnya. 

Bimbing mereka dengan bimbingan lembut untuk membentuk mereka menjadi seperti yang mereka inginkan.

KESIMPULAN

Setelah menerapkan teknik-teknik disiplin positif ini dalam kehidupan sehari-hari, saya yakin bahwa tehnik bekerja jauh lebih baik daripada metode disiplin ketat konvensional.

Anda dapat mengalami lebih banyak perilaku kooperatif dari anak-anak,dan sebagai orang tua, Anda merasa puas memiliki ikatan yang kuat dengan anak-anak Anda.

Karena pada akhirnya yang kita inginkan adalah membesarkan anak-anak yang bahagia dan baik hati yang merasa dicintai dan dihargai di dunia ini.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "14 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Melukai Perasaanya"