Lakukan Hal ini Untuk Menghindari Obesitas



emosi-makan-via-kompas-com

Berapakah berat badan anda saat ini?, khawatir termasuk kategori obesitas?.

Apa sih obesitas itu?

Obesitas yaitu penimbunan lemak berlebih karena ketidakseimbangan energi yang masuk kedalam tubuh dengan energi yang di keluarkan. Masalah obesitas semakin meningkat di dunia. Obesitas dipicu oleh pertumbuhan ekonomi dan industri, perubahan gaya hidup dan diet dengan tinggi kalori.

Di ambil dari data WHO tahun 2016, sekitar 650 juta penduduk dengan usia dewasa mengalami obesitas, 340 juta anak-anak dan remaja mengalami berat badan berlebih. Di Indonesia tahun 2010, diperkirakan 23% orang usia dewasa mengalami obesitas, dan didominasi oleh wanita.

Obesitas terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung kalori yang tinggi dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik yang bisa membakar kalori. Kalori yang tidak digunakan kemudian diubah menjadi lemak dalam tubuh. Sehingga menambah berat badan dan menyebabkan obesitas.


Faktor lain penyebab obesitas yaitu 
  1. Faktor keturunan atau genetik
  2. Kehamilan
  3. Efek samping obat-obatan
  4. Kurang tidur
  5. Pertambahan usia
  6. Penyakit atau masalah medis lainnya

Berikut hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah obesitas


Emosi makan
emosi-makan-via-indosport-com

1. Kenali emosi makan. 

Perlu diperhatikan, mengalihkan emosi dengan banyak makan pada saat marah, bosan, stres termasuk pemicu obesitas. Makanlah saat anda merasa lapar, bukan karena lapar mata.

2. Utamakan konsumsi protein rendah lemak. 

Jadikan buah utuh sebagai  makanan selingan. Perbanyak minum air dan konsumsi sayur yang diolah dengan cara direbus atau ditumis.

3. Hindari buah dengan kandungan energi yang tinggi 

Contoh buah dengan kandungan energi tinggi seperti, durian, mangga, sawo, cempedak, pisang, srikaya dan alpukat.

4. Diet rendah energi 

Diet rendah energi seimbang dengan pengurangan energi 500-1000 Kkal dari kebutuhan sehari, dengan cara : kurangi asupan karbohidrat komplek seperti nasi, roti, kentang, dan jagung. Makan dengan pola "piring T" hindari karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, sirup, kue manis dan gurih, selai, minuman ringan dan lain-lain.

5. Kurangi konsumsi lemak 

Kurangi konsumsi seperti makanan yang digoreng, bersantan, menggunakan mentega dan margarin. 

6. Lakukan aktivitas fisik 

Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Jenis-jenis latihan fisik yang dapat di lakukan seperti
  1. Aerobik contohnya renang, jogging, bersepeda, golf 
  2. Anaerobik seperti lompat tinggi, angkat berat, karate dan senam dengan frekuensi 3-5 kali setiap minggu dan dengan durasi 30-60 menit.
  3. Latihan disesuikan dengan denyut nadi maksimal menurut usia, naikan secara bertahap sesuai prinsip latihan BBTT (baik, benar, teratur dan terukur)
Tabel berat badan ideal

Demikian beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah obesitas. Cek berat badan anda apakah sudah ideal, apa teralu kurus, atau terlalu gemuk bahkan obesitas?









Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Lakukan Hal ini Untuk Menghindari Obesitas"