6 Tips Mudah Memulai Hidup Hemat Untuk Menyiapkan Dana Darurat


Dana cadangan untuk kepentingan mendadak
Dana-cadangan-via-kompas-com

Tips mudah memulai hidup hemat untuk menyiapkan dana darurat cocok sekali untuk Anda baca saat Anda merencanakan akan menabung untuk menyiapkan dana darurat. Kondisi keuangan yang terbatas, membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk menyisihkan sebagian uang atau menabung.

Nilai pendapatan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga jika terjadi sesuatu di luar dugaan atau mendadak mereka terpaksa harus berhutang. Karena dari awal tidak dipersiapkan untuk dana darurat tersebut.

Padahal dalam kenyataanya dana darutat sangatlah penting, untuk menghindari kita berhutang ataupun potensi untuk berhutang.

Berapapun besarnya pendapatan yang anda miliki sebenarnya bukanlah masalah, jika anda pandai mengelola keuangan. Tentunya dengan menyisihkan sebagian uang atau pun memiliki dana cadangan untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak dan darurat.

Solusinya tentu dengan mengubah gaya hidup anda menjadi lebih hemat.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk anda yang berpenghasilan pas-pasan agar bisa memulai hidup hemat.

1. Catatlah setiap pendapatan dan pengeluaran dengan detail dan rinci.

 Mungkin ini hal sepele, tapi tidak banyak orang yang melakukannya. Padahal catatan ini sangat berguna sekali, untuk anda bisa mengetahui seberapa konsumtif dan kemana larinya pengeluaran selama ini. Anda lebih bisa mengatur anggaran pendapatan jika memiliki catatan yang jelas.

2. Simpanlah recehan kembalian setiap kali anda belanja di toko atau supermarket. 

Jangan sepelekan uang recehan, karena jika anda terus mengumpulkanya maka nilainya akan semakin besar, bertambah dan anda bisa menabungnya.

3. Mulai dengan masak sendiri di rumah. 

Dibandingkan dengan membeli makanan di luar, masak sendiri dirumah bisa lebih menghemat pengeluaran. 

Anda bisa memulainya dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah ke tempat kerja. Jadikan ini sebuah kebiasaan agar bisa menghemat pengeluaran dan memiliki dana cadangan untuk situasi yang tak terduga.

4. Gunakan kartu kredit, kartu debit atau ATM anda dengan disiplin. 

Maksud disiplin disini ialah, jika anda ingin keluar misalnya saja untuk kumpul bersama teman atau belanja, biasakan membawa uang pas.

Usahakan untuk menggunakan kartu kredit dan  kartu debit atau ATM hanya untuk keperluan mendesak. Mengingat mudahnya untuk memakai kartu-kartu tersebut. Hanya dengan menggeseknya saja, kita bisa menghabiskan saldo yang ada di dalamnya.

5.  Kurangi kebiasaan belanja. 

Kebanyakan perempuan menyukai kegiatan belanja. Bahkan belanja hal-hal yang sifatnya kurang dibutuhkan atau malah tidak penting sama sekali.

Sadar atau tidak, kebiasaan ini sebenarnya sangat merugikan keuangan anda. Ada baiknya kurangi kebiasaan belanja, beli lah barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Pintar lah dalam membedakan mana keinginan dan kebutuhan.

6. Investasikan jika ada uang lebih atau tabungan. 

Misalnya saja menginvestasikan uang dalam bentuk perhiasan. Cara ini termasuk efektif untuk memulai hidup hemat, karena terkadang anda menjadi enggan untuk menjual perhiasan tersebut. Kecuali untuk kebutuhan mendadak, dengan terpaksa anda harus menjualnya karena membutuhkan uang.

Harga jual yang relatif stabil bahkan terkadang melonjak tinggi, menginvestasikan tabungan ke dalam perhiasan menjadi pilihan yang tepat.

Demikian beberapa tips mudah memulai hidup hemat untuk menyiapkan dana darurat, anda bisa mulai dari sekarang.

Karena tidak ada yang tahu kapan kita membutuhkan dana darurat tersebut. Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, sedia dana cadangan sebelum kebutuhan tak terduga datang.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Tips Mudah Memulai Hidup Hemat Untuk Menyiapkan Dana Darurat"