Program Diet Pasti Berhasil Dengan Konsumsi Makanan Sehat Rendah Lemak


makanan-rendah-kalori

Tubuh kita memerlukan energi untuk bergerak, sedangkan energi itu sendiri dihasilkan dari kalori yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kalori yang dibutuhkan tubuh tiap orang berbeda-beda, bergantung jenis kelamin, tinggi dan berat badan, usia dan aktivitas yang dilakukan.

Jika jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh tidak seimbang dengan yang dibutuhkan, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Lemak sendiri akan disimpan dibawah kulit dan menyebabkan seseorang terlihat lebih gemuk.

Mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kalori sangat penting untuk anda yang ingin selalu sehat dan tidak terlihat gemuk. Selektif dalam memilih makanan suatu keharusan.

Jika anda dalam program diet untuk menurunkan berat badan, yang harus anda lakukan ialah berolahraga dan konsumsi makanan rendah lemak dan kalori. Jenis makanan tersebut yang sangat membantu keberhasilan program diet anda.

Makanan sehat rendah lemak untuk keberhasilan program diet anda

1. Kentang


Manfaat kentang rebus
manfaat-kentang-rebus-via-pixabay

Bukan kentang goreng atau keripik kentang yang dimaksud disini. Kentang rebus atau panggang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. 

Kentang rebus dan panggang memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, protein dan serat. Terbukti kita akan merasa kenyang setelah memakan kentang.

2. Dada ayam

Daging tanpa lemak, makanan tinggi protein namun rendah kalori contohnya dada ayam. Dada ayam tanpa kulit mengandung protein, niasin, selenium, dan vitamin B-12 yang sangat baik.

Anda bisa memasak dada ayam sebagai sup dengan tambahan sayur seperti wortel dan brokoli. Cara memasak seperti ini menjaga kalori dalam ayam tetap rendah dan cocok untuk program diet anda.

3. Oatmeal


Rolled oatmeal untuk program diet
rolled-oatmeal-via-tokopedia-com

Oat merupakan jenis bahan makanan mengandung serat tinggi, rendah lemak dan kalori. Makanan yang satu ini seringakali dikonsumsi untuk sarapan, karena oatmeal meningkatkan rasa kenyang dan  mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Oat merupakan sumber serat larut yang baik (beta-glukan), berfungsi untuk membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Mulailah mencoba oatmeal sebagai menu sarapan anda jika anda dalam program diet dan ingin selalu sehat.

4. Telur

Sebagian orang yang sedang menjalani diet menganggap telur adalah makanan yang kurang baik. Padahal telur sebenarnya memiliki nutrisi penting dalam jumlah besar.

Bagian kuning telur mengandung setengah dari nutrisi protein yang dikandung telur. Mengandung sembilan asam amino esensial menjadikan telur sumber nutrisi yang lengkap dan cocok untuk anda yang sedang dalam program diet.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi telur yaitu dengan direbus,untuk menghindari minyak jika digoreng.

5. Sup kaldu

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi sup kaldu lebih mengenyangkan daripada makanan padat dengan bahan yang sama. Sup kaldu termasuk makanan sehat rendah kalori dibandingkan dengan krim sup.

Agar mendapatkan manfaat lebih, tambahkan rempah dan sayuran kedalam sup kaldu anda. Selain lezat, sup kaldu cocok untuk anda yang berada dalam program diet, karena mengenyangkan dan rendah lemak dan kalori.

6. Legume

Legume ialah bahan makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang polong dan kacang lentil. Bahan makanan ini kaya akan nutrisi esensial dan terkenal sebagai sumber serat dan protein yang baik.

Melihat kandungan protein dan serat yang tinggi juga rendah kalori, bahan makanan yang satu ini patut anda pertimbangkan untuk keberhasilan program diet yang anda jalani.

7. Buah-buahan berry


Buah berries
buah-berries-via-shutterstock

Strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry, buah beri ini mengandung kalori yang rendah, mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Buah beri juga kaya akan serat sehingga cocok sekali untuk program diet.

8. Apel


Apel buah kaya serat
Apel-untuk-diet-via-kompas-com

Dalam indeks kekenyangan makanan, apel memiliki skor yang tinggi, itu berarti buah ini sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air dalam apel sekitar 85% sehingga meningkatkan rasa kenyang tanpa perlu menambah kalori kedalam tubuh.

Apel juga mengandung pektin, serat larut yang membantu memperlambat pencernaan. Konsumsilah apel secara langsung beserta kulit tanpa di olah menjadi jus atau selai untuk mendapat manfaat yang maksimal dari buah ini.

9. Semangka

Kandungan air dalam semangka sangat tinggi, sehingga menjaga anda tetap kenyang dan terhidrasi. Semangka juga kaya akan vitamin A dan C, buah ini termasuk dalam golongan buah rendah kalori.

10. Sayuran


Sayuran rendah kalori
sayuran-via-tribunnews-com

Sayuran memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Sayutan juga termasuk bahan makanan rendah kalori, wajib bagi anda yang sedang dalam program diet untuk memasukan sayuran dan buah kedalam menu anda.

Beberapa ahli menyarankan untuk mengkonsumsi salad segar jika anda ingin menurunkan berat badan. Ganti bumbu salad yang berkalori tinggi dengan minyak zaitun karena itu lebih menyehatkan.

Demikian beberapa referensi bahan makanan kaya serat, rendah lemak dan kalori yang menunjang keberhasilan program diet. Selain mengkonsumsi makanan rendah lemak anda juga harus rajin berolahraga, jauhi rokok dan alkohol agar tubuh tetap sehat. 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "Program Diet Pasti Berhasil Dengan Konsumsi Makanan Sehat Rendah Lemak"

Posting Komentar