Tips Nutrisi Yang Harus Diketahui Setiap Ibu Penting!

Tips nutrisi yang harus ibu ketahui dari Dr. Ang poon liat
Dr-Ang-poon-liat-books-tentang-nutrisi

Anda sedang mencari artikel tentang nutrisi yang tepat untuk keluarga anda. Artikel ini akan membahas beberapa poin tentang nutrisi yang tepat untuk mencegah penyakit, bagaimana pengaruh nutrisi terhadap otak anak. Untuk lebih jelas mari kita lihat pembahasan lengakapnya berikut ini

Cegah penyakit dengan nutrisi yang tepat


Dalam buku karangan Dr. Ang Poon liat, seorang dokter anak di rumah sakit thomson medical center Singapore "Keajaiban Gizi" dan "Peta Jalan menuju Pemulihan" didedikasikan untuk para ibu, yang memelihara kesehatan generasi masa depan kita. Beliau percaya bahwa “hampir semua gangguan kesehatan memiliki kaitan mendasar dengan nutrisi. 

Mungkin kekurangan gizi karena makan makanan olahan dan olahan produk pertanian modern yang kekurangan jumlah nutrisi penting.

Dia berpendapat, “Otak adalah apa yang Anda makan, anda mendapatkan apa yang anda berikan. Otak adalah tuan rumah; seorang penyintas organ. "

Penyakit degeneratif kronis, masalah mental seperti Alzheimer, masalah perilaku, obesitas, menstruasi dini, kanker, memengaruhi populasi modern dewasa ini, terutama dengan meningkatnya jumlah makanan olahan yang kita makan, pola makan, dan gaya hidup yang penuh tekanan.


Dengan penyakit kanker yang terus meningkat, kita perlu berhati-hati , bagaimana kanker terbentuk dan bagaimana kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peluangnya. 

Kanker bukan hanya tentang gen BRCA,  90% adalah tentang makanan dan hanya 10% karena genetik.

Masyarakat perlu sadar dan membuat pilihan makanan yang cerdas. Hargai kesehatan yang Anda miliki dan berupaya menuju kualitas hidup yang baik. 

Misalnya, penderita kanker seharusnya cenderung mengubah pola makan dan gaya hidup mereka menjadi lebih baik setelah terjadi ketidakstabilan kesehatan, dalam upaya meningkatkan kesehatan dan untuk tujuan penyembuhan. 

Penting untuk menyelaraskan tubuh dan pikiran kita untuk membuatnya sehat. Dengan begitu akan menciptakan seseorang yang seimbang, baik di dalam maupun di luar.

Misalnya, tubuh kita memproduksi kolesterol karena suatu alasan. Kolesterol adalah makanan otak dan setiap membran sel membutuhkannya untuk regenerasi sel, terutama membran otak. 

Kolesterol tinggi karena tubuh membutuhkannya (permintaan dan pasokan) logika. Ketika ada peradangan, kolesterol diperlukan untuk menyembuhkan dan menyegelnya. Menghapus kolesterol dari persamaan tubuh dapat berakhir dengan tubuh kita menjadi kering terutama otak dan jantung.

Dr Ang Poon Liat menyarankan untuk mengonsumsi kolesterol sehat dan alami seperti telur tetapi jangan menggorengnya. Rebus lembut, setengah rebus adalah cara terbaik. Adapun ikan, Jepang mengambil sashimi yang merupakan ikan mentah, dan ini lebih sehat daripada yang digoreng, dan tidak ada keraguan bahwa masyarakat Jepang umumnya hidup lebih lama. 

Namun, selalu pastikan sumber ikan mentah Anda higienis dan disiapkan dengan cara yang benar. Atau, ikan kukus adalah alternatif terbaik Anda berikutnya.

Anda Adalah Apa yang Dimakan Ibu Anda


Nutrisi penting yang perlu ibu ketahui
nutrisi-penting-yang-harus-ibu-ketahui

Enam tahun pertama kehidupan seorang anak menjadi fondasi bagi kesehatan dan kesejahteraannya secara keseluruhan, sangat mirip dengan teori 1.000 Hari Pertama seorang anak.

99,9999% nutrisi janin berasal dari ibu (telur), sedangkan 0,00001% sisanya dari ayah (sperma). Ini membuat diet ibu sangat berpengaruh bagi keturunannya.

Dari sudut konsepsi, janin diberi makan melalui ibu, dan ketika bayi dilahirkan, ASI dari ibu terus memberi makan bayi. Ketika anak mulai makan makanan padat, biasanya ibu yang membuat keputusan tentang apa yang harus dimasak dan cara memasak untuk anak. 


Dan enam tahun pertama (tahun-tahun formatif) seorang anak sangat penting karena nutrisi diberikan pada tubuh untuk membantu perkembangannya dalam banyak cara.

Anda adalah apa yang Anda makan.

Saat makan di luar, ini semua tentang membuat pilihan yang tepat. Makanan bergizi tidak perlu mahal dan hanya tersedia di restoran. Saat makan di pusat jajanan, pertimbangkan makanan seperti bubur atau sup ikan. Ini semua tentang membuat keputusan yang cerdas, antara memilih sehat atau tidak sehat.

Cobalah makan di rumah sesering mungkin, karena orang tua dapat memutuskan apa yang akan dimasak, bagaimana memasak dan apa yang masuk ke dalam piring itu.

Hindari minyak tertentu dan penggorengan makanan. Itu lebih buruk bagi kesehatan dan tubuh, jika anda bertujuan untuk memberi makan anak-anak Anda dengan makanan otak terutama selama tahun-tahun formatif mereka. 

Dengan pengetahuan yang memadai yang mudah diakses hari ini, orang tua dapat mengambil pendekatan yang tepat dan bertanggung jawab atas asupan gizi mereka.

Dua hewan yang bermanfaat dengan sangat baik untuk tubuh kita adalah ikan (makanan laut) dan ayam. Jadi ketika memutuskan apa yang harus dimakan, keduanya ideal untuk kita.

Memilih Makanan yang Tepat

Beri anak Anda makanan otak, termasuk telur dan ikan. Namun, jenis-jenis telur dan ikan juga dikaitkan dengan kebaikan gizi bagi kita. Berikut adalah beberapa tips yang dibagikan oleh Dr Ang Poon Liat ketika memilih bahan:

Telur: Memilih telur kampung dari pasar, atau membeli segar dari peternakan. Telur ayam hitam dan telur bebek juga merupakan alternatif yang bagus.

Unggas: Pilih unggas seperti ayam kampung  atau ayam hitam.

Ikan: Pilihlah ikan yang ditangkap hasil nelayan bukan yang diternakan. Opsi yang lain termasuk Selar, Kuning, Makarel, dan Bawal.

Minyak: Minyak kelapa adalah yang terbaik.

Tips nutrisi yang harus ibu ketahui dari Dr. Ang poon liat
nutrisi-penting-untuk-balita

Orang dewasa cenderung makan tepat waktu atau di jam makan tertentu. Sementara anak-anak biasanya tak tentu dalam hal makan, apakah mereka lapar atau tidak, dan kadang-kadang pada waktu yang aneh. Memarahi atau memaksa dapat mengakibatkan reaksi, karena itu menciptakan dampak emosional pada anak.

Berikut adalah cara untuk membuat waktu makan lebih menyenangkan:

Waktu: Makan pada waktu yang tepat membantu mengatur waktu makan untuk keluarga.

Berbagi: Makan itu kegiatan sosial, jadi cobalah makan bersama sebagai keluarga atau dengan teman.

Pilihan: Anak Anda mungkin makan lebih banyak dari jenis hidangan tertentu, dan dia yang membuat pilihan untuk memilih apa yang dia sukai atau tidak sukai. Tawarkan dia variasi makanan, jika dia pilih-pilih makanan tertentu.

Memasak untuk Kesehatan



Menghabiskan sedikit uang sekarang untuk kesehatan, membantu Anda menabung lebih banyak di kemudian hari. Ini merupakan investasi untuk masa depan kesehatan serta kesejahteraan anak-anak Anda.

Orang tua adalah teladan dan harus bisa menjadi contoh yang baik soal makan. Anak-anak adalah peniru yang menghormati orang tua mereka. Sebagai keluarga, mengambil pendekatan proaktif terhadap nutrisi sangat membantu dalam menetapkan kesehatan anak-anak Anda.

Jika seorang anak melihat orang tuanya minum minuman ringan pada waktu makan, ia akan menganggap itu sebagai hal yang dapat diterima, dan juga akan menganggapnya sebagai lampu hijau bahwa dia juga dapat melakukannya.

Mendapatkan bahan yang tepat adalah langkah pertama, tetapi metode memasak juga dapat memengaruhi nutrisi mereka. Dr Ang Poon Liat menyarankan metode memasak berikut untuk menghindari penghancuran manfaat-manfaat tersebut:

Metode Memasak


Cara masak sehat dan Tips nutrisi yang harus ibu ketahui dari Dr. Ang poon liat
cara-masak-sehat-untuk-mengunci-nutrisi

Hindari menggoreng makanan, bahkan dengan makanan otak seperti telur.
Memasak berbasis air seperti mengukus, atau merebus (tanpa melebihi 100 derajat) untuk mengunci nutrisi makanan seperti ikan dan meminimalkan kehilangan nutrisi, yang pada akhirnya memungkinkan anak Anda menyerapnya untuk perkembangannya.

Menggoreng dengan minyak yang sangat panas membuat nutrisi dihancurkan selama proses penggorengan. Dan minyak nabati membuatnya lebih tidak stabil.

Dr Ang Poon Liat membagikan tentang Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) dalam membantu pembentukan tubuh kita. 

Membangun kekebalan dengan TCM untuk anak-anak kita dan selama kehamilan


  • Dr Ang Poon Liat menyarankan bahwa penting untuk memberi makan sel-sel kita dengan baik. Bumbu dan rempah-rempah dapat berperan dalam diet kita juga.
  • Sifat antiinflamasi dan anti kanker: Sistem kekebalan tubuh kita adalah pemburu hadiah. Herbal penuh dengan anti-oksidan yang membantu melawan zat jahat. Tantangan terbesar: sistem kekebalan tubuh perlu dibangun, dan Dr Ang Poon Liat adalah penganut TCM, tumbuhan alami, dan makanan tradisional.
  • Makanan adalah tentang keseimbangan Yin dan Yang (istilah dalam bahasa china). Menemukan keseimbangan itu sulit, makanan tertentu dapat mengacaukan salah satunya seperti asupan gula berlebih, alkohol atau bahkan kafein bagi sebagian orang. Makan makanan yang sesuai dan dalam jumlah sedang, menyeimbangkan manfaat dan efeknya untuk menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Beri makan otak


Otak adalah inti kita dan membutuhkan nutrisi. Nutrisi yang tepat untuk berkembang, terutama untuk anak kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa “Docosahexaenoic acid (DHA) sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsional otak pada bayi. DHA juga diperlukan untuk pemeliharaan fungsi otak normal pada orang dewasa. "

Sebagai orang tua, jika kita tidak dapat memberikan ikan setiap hari, pertimbangkan alternatif seperti suplemen minyak ikan atau bahkan minyak krill, yang memiliki dosis DHA tinggi, lemak esensial untuk otak anak kita.

Seorang ibu adalah penjaga gerbang untuk kesehatan anak mereka dan dia memegang kendali untuk keberhasilannya itu. Dengan belajar nutrisi yang tepat diharapkan dapat membantu mencegah penyakit generasi masa depan. Dapat memilih makanan yang nutrisinya tepat untuk perkembangan anak dan kesehataan kita semua.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya...







Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Tips Nutrisi Yang Harus Diketahui Setiap Ibu Penting!"